DESAIN GRAFIS DAN ANIMASI

1. Adobe Premiere
Adobe Premiere Pro CS3 merupakan salah satu software editing video yang sangat populer dan sudah diakui kecanggihannya. Kelengkapan fasilitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengolah video, menjadikan software ini paling banyak dipakai oleh editor video karena keberadaannya benar-benar mampu membantu dan memudahkan pemakai dalam mengolah video, terutama pekerjaan editor video.

Adobe Premiere Pro adalah sebuah program penyunting video. Itu adalah sebagian dari Adobe Creative Suite, walaupun bisa dibeli sendirian. Bahkan kalau dibeli sendirian, itu termasuk Adobe Encore dan Adobe OnLocation. Walaupun yang dua versi pertama hanya tersedia untuk Windows, versi CS3 tersedia baik untuk Windows maupun Mac OS X. CS3 tersedia dalam Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang, Bahasa Italia, dan Bahasa Spanyol.

2. Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah kualitas profesional program seni grafis. It allows you to create sophisticated artwork to virtually any Industry Standard. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat karya seni yang canggih untuk hampir semua Industri Standar. You can create logos posters web graphics and artwork. Anda dapat membuat web grafis poster logo dan karya seni. Experiment with your ideas freely while timesaving features enable you to easily design layouts using creative powerful tools. Bereksperimen dengan ide-ide Anda bebas sementara fitur hemat waktu memungkinkan Anda untuk dengan mudah desain layout menggunakan tools canggih kreatif. Although the software is complex and requires a significant amount of time and patience it is quite easy to learn the basics and create artwork with a professional appearance. Meskipun perangkat lunak ini rumit dan membutuhkan sejumlah besar waktu dan kesabaran itu sangat mudah untuk mempelajari dasar-dasar dan menciptakan karya seni dengan penampilan profesional

Adobe Illustrator adalah program serbaguna yang digunakan untuk membuat seni garis besar, seperti logo, gambar teknik dan bentuk disesuaikan dan huruf. Creating outline art, also known as vector graphics, entails drawing the outline of an image, and then filling the body with color. Menciptakan seni garis besar, juga dikenal sebagai vektor grafis, mencakup gambar garis besar gambar, dan kemudian mengisi tubuh dengan warna. The first step in learning the Illustrator program is understanding how the most basic tools work. Langkah pertama dalam belajar program Illustrator adalah pemahaman cara kerja alat yang paling dasar.

Soalnya, banyak kelebihan di AI, dibandingkan di Corel........td ada juga kelebihannya
apa aja kelebihannya ??
ini menurut gw ya, gw jg masih newbie di AI & Corel......hehehe

1. Tracing,
Di CorelDraw, teknik ini paling disukai (opini gw ya). Kenapa begitu? Di teknik ini gambar - gambar yang sudah format JPG,PNG, atau yang lain. bisa kita pisahkan, nah teknik tracing(menjiplak) ini, sangat mudah bila dilakukan di Corel. Namun, kadang kadang hasilnya tidak sesuai yang kita inginkan. dan gambar kurang halus....kalo kalian pake AI, hasil trace tidak terlihat "jiplakan" tapi meskipun gambar itu sudah di pisah. tidak terlihat seperti terpisah ato masih seperti gambar sebelum di trace.

Berikut Hasil Tracing dari CorelDraw X4 dan Adobe Illustrator CS4

1. Hasil CorelDraw X4

2. Hasil Adobe Illustrator CS4

Keliatan kan bedanya ?? meskipun cuma dikit.....tapi saya jamin. bagusan di AI
Oh iya. nih gw kasih Link e-book AI gratis & lengkap !!










3. Macromedia Flash
Pada tulisan kali ini penulis akan sedikit berbagi ilmu mengenai Macromedia Flash. Macromedia Flash sendiri merupakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam animasi, presentasi, game. dapat digunakan sebagai tool untuk mendesain web, dan berbagai aplikasi multimedia lainnya
Pendahuluan
Macromedia Flash sendiri merupakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam animasi, presentasi, game. dapat digunakan sebagai tool untuk mendesain web, dan berbagai aplikasi multimedia lainnya. Kali ini penulis menggunakan Macromedia Flash MX

Macromedia Flash merupakan salah satu software aplikasi design grafis yang sangat populer saat ini teutama untuk membuat aplikasi animasi dalam efek yang spektakuler. Kesederhanaan tool yang disediakan serta kemampuan yang luas menjadikan Flash semakin digemari.
Beberapa alasan memilih Flash yaitu :

1. Hasil akhir Flash memiliki ukuran yang lebih kecil (setelah dipublish)
2. Flash dapat mengimpor hampir semua gambar dan file-file audio sehingga dapat lebih hidup.
3. Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol
4. Gambar Flash tidak akan pecah meskipun di zoom beberapa kali karena gambar flash bersifat gambar vektor.
5. Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam bentuk seperti *.avi, *.gif, *.mov, maupun file dengan format lain.

4. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, Sotosop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan versi yang terakhir (kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4.
Fitur - fitur baru dalam Photoshop CS4 antara lain :

  • Adanya Panel baru untuk konfigurasi ( adjustment panel )
  • Panel buat Masking dimana memudahkan si pengguna untuk meningkatkan kinerja edit
  • adanya "Enhanced color-correction technology" akan membuat kita semakin dimanjakan dengan kemudahan dalam proses seleksi
  • Lebih pandai dalam pengolahan file raw ( File gambar ukuran besar )
  • Integrasi dengan Adobe Photoshop Lightroom
  • System edit "workflow" yang akan memudahkan dalam proses editing
  • Untuk printing ukuran besar ( Print very large image ) dapat di lihat dalam mode preview sebelumproses print

Tidak ada komentar:

Posting Komentar