Langkah 1 (Pembuatan Form1)
- Timer
- Main Menus (Menu)
- Label
Pada langkah yang pertama ini di Form1, kita buat sebuah home/window utama dari program ini. Objek-objek yang digunakan adalah Timer, MainMenus, dan Label. Objek timer ini tersedia di dalam pilihan menu system. Klik icon yang bergambar jam kemudian klik di Form1. Setelah timersudah dibuat, nanti akan diatur properties timer terutama pada intervalnya. Jika nilai yang ada dalam properties interval semakin diperkecil, kecepatan pergerakan animasi akan semakin cepat. untuk 1 detiknya diwakili dengan angka 1000.
Selanjutnya Buat MainMenus(Menu) dengan cara kembalikan pilihan menu objek ke pilihan Standart lalu pilih MainMenus(Menu) kemudian di klik di Form1. Langkah terakhir adalah membuat sebuah label dengan cara mengklik icon lalu klik pada form 1.
Selanjutnya adalah mengatur properties dari objek-objek pada form 1.
Form/Control | Properties | Setting |
Timer1 | Interval | 250 |
MainMenu1 | Name | MainMenu1 |
Label1 | Caption | Selamat Datang Di Lab TI |
Untuk membuat tampilan seperti gambar di atas (menu bar) maka klik dua kali pada icon MainMenu1 pada Form1 kemudian akan muncul gambar seperti ini.
Klik bagian kosong tersebut, kemudian pada bagian propertiesmasukkan data-data berikut :
Form/Control | Properties | Setting |
MainMenu ke-1 | Name | file |
| Caption | File |
MainMenu ke-2 | Name | about_me |
| Caption | About Me |
MainMenu ke-3 | Name | help |
| Caption | Help |
SubMainMenu1 | Name | new_game |
| Caption | New game |
SubMainMenu1 | Name | exit |
| Caption | Exit |
Setelah jadi akan tampak seperti ini.
Setelah jadi bentuk Form1 maka selanjutnya adalah memasukkan code program kedalam objek-objek yang nantinya digunakan.
Bagian Header Program di Form1. (pastikan sama seperti ini)
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, Menus, Unit2, ExtCtrls, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
MainMenu1: TMainMenu;
Play1: TMenuItem;
new_game: TMenuItem;
AboutMe: TMenuItem;
Exit: TMenuItem;
help: TMenuItem;
Label1: TLabel;
Timer1: TTimer;
procedure new_game1Click(Sender: TObject);
procedure ExitClick(Sender: TObject);
procedure helpClick(Sender: TObject);
procedure AboutMeClick(Sender: TObject);
procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
procedure FormCreate(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
posisi:integer;
kiri:bool;
implementation
uses Unit3, Unit4;
{$R *.dfm}
(wilayah Coding Program)
End.
Memasukkan Coding kedalam Form sebagai pengatur animasi tulisan.
Double click pada Form1 kemudian setelah muncul window codingnya maka ketikkan script dibawah ini:
procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
posisi:=6;
Label1.left:=6;
Label1.Top:=56;
kiri:=true;
end;
Memasukkan Coding kedalam Timer.
Double click pada objek Timer1 kemudian buatlah script coding menjadi seperti dibawah ini:
procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
begin
If Label1.Visible = true Then Label1.Visible := false
Else Label1.Visible:=true;
end;
if kiri=true then
posisi:=posisi+10
else
posisi:=posisi-10;
if posisi>275 then
kiri:=false;
if posisi<6>
kiri:=true;
Label1.Left:=posisi;
end;
Memasukkan Coding kedalam Menu Bar.
Untuk memasukkan coding ke menu About Me maka double click pada objek AboutMe kemudian buatlah scriptnya menjadi seperti ini:
procedure TForm1.AboutMeClick(Sender: TObject);
begin
Form4.Show;
end;
Untuk memasukkan coding ke menu Help maka double click pada objek AboutMe kemudian buatlah scriptnya menjadi seperti ini:
procedure TForm1.helpClick(Sender: TObject);
begin
Form3.Show;
end;
Untuk memasukkan coding ke menu New Game maka klik Filke kemudian double click pada objek AboutMe kemudian buatlah scriptnya menjadi seperti ini:
procedure TForm1.new_game1Click(Sender: TObject);
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
end;
Untuk memasukkan coding ke menu Exit maka double click pada objek AboutMe kemudian buatlah scriptnya menjadi seperti ini:
procedure TForm1.ExitClick(Sender: TObject);
begin
Form1.Free;
Application.Terminate;
end;
Langkah 2 (Pembuatan Form2)
- BitBtn
- Timer
- MainMenus (Menu)
Pada langkah yang kedua ini di Form2, kita membuat bagian inti dari program ini. Pada bagian ini menggunakan tiga buah objek yaitu BitBtn, Timer, dan MainMenus. Untuk pembuatan Timer dan MainMenus sama dengan cara pembuatan pada Form1 maka tidak dijelaskan kembali. Untuk pembuatan BitBtn dilakukan dengan cara mengclick icon (BitBtn) di system menu kemudian click di Form2 sehingga terbentuklah BitBtn di Form2.
Selanjutnya pengaturan properties dari objek-objek pada Form2 sebagai berikut :
Form/Control | Properties | Setting |
BitBtn1 | Caption | Start |
| Name | start |
Bitbtn2 | Caption | Stop |
| Name | stop |
Timer1 | Interval | 500 |
MainMenu1 | Nama | MainMenu1 |
Untuk membuat tampilan seperti gambar di atas (menu bar) maka klik dua kali pada icon MainMenu1 pada Form2. Klik bagian kosong tersebut, kemudian pada bagian propertiesmasukkan data-data berikut :
Form/Control | Properties | Setting |
MainMenu ke-1 | Name | back |
| Caption | Back |
MainMenu ke-2 | Name | Exit |
| Caption | Exit |
Setelah jadi akan tampak seperti ini.
Setelah jadi bentuk Form2 maka selanjutnya adalah memasukkan code program kedalam objek-objek yang nantinya digunakan.
Bagian Header Program di Form1. (pastikan sama seperti ini)
unit Unit2;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, ExtCtrls, StdCtrls, Buttons, Menus;
type
TForm2 = class(TForm)
start: TBitBtn;
stop: TBitBtn;
Timer1: TTimer;
MainMenu1: TMainMenu;
exit: TMenuItem;
back: TMenuItem;
procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
procedure stopClick(Sender: TObject);
procedure startClick(Sender: TObject);
procedure exitClick(Sender: TObject);
procedure backClick(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form2: TForm2;
implementation
uses Unit1;
{$R *.dfm}
(wilayah Coding Program)
End.
Memasukkan Coding kedalam Timer.
Double click pada objek Timer1 kemudian buatlah script coding menjadi seperti dibawah ini:
procedure TForm2.Timer1Timer(Sender: TObject);
var
xstart,ystart,xend,yend:integer;
begin
xstart:=random(Form2.Width);
ystart:=random(Form2.Height);
xend:=random(Form2.Width);
yend:=random(Form2.Height);
canvas.Pen.Color:=rgb(random(255),random(255),random(255));
canvas.Pen.Width:=10;
Form2.Cursor:=crnone;
canvas.MoveTo(xstart,ystart);
canvas.LineTo(xend,yend);
end;
Hal ini bertujuan agar warna, ukuran, jumlah yang akan ditampilkan telihat acak.
Memasukkan coding kedalam Bitbtn Start.
Double click pada objek BitBtn Start kemudian buatlah script coding menjadi seperti dibawah ini:
procedure TForm2.startClick(Sender: TObject);
begin
Timer1.Enabled:=true;
end;
Memasukkan coding kedalam Bitbtn Stop.
Double click pada objek BitBtn Stop kemudian buatlah script coding menjadi seperti dibawah ini:
procedure TForm2.stopClick(Sender: TObject);
begin
Timer1.Enabled:=false;
end;
code ini akan memerintahkan animasi untuk berhenti
Memasukkan Coding kedalam Menu Bar.
Untuk memasukkan coding ke menu Back maka double click pada objek back kemudian buatlah scriptnya menjadi seperti ini:
procedure TForm2.backClick(Sender: TObject);
begin
Form1.Show;
Form2.Hide;
end;
Untuk memasukkan coding ke menu Exit maka double click pada objek Exit kemudian buatlah scriptnya menjadi seperti ini:
procedure TForm2.exitClick(Sender: TObject);
begin
Timer1.Free;
Form2.Free;
Application.Terminate;
end;
Langkah 3 (Pembuatan Form3)
- Timer
- Label
Pada langkah yang kedua ini di Form3, kita membuat bagian inti dari program ini. Pada bagian ini menggunakan dua buah objek yaitu Timer dan Label. Untuk pembuatan Timer dan Label sama dengan cara pembuatan pada Form1 maka tidak dijelaskan kembali.
Selanjutnya pengaturan properties dari objek-objek pada Form3 sebagai berikut :
Form/Control | Properties | Setting |
Label1 | Caption | Ini merupakan contoh program animasi dengan menggunakan fungsi timer atau nenu |
| Name | Label1 |
Label2 | Caption | Lab Teknologi Informatika Universitas Gunadarma |
| Name | Label2 |
Timer1 | Interval | 500 |
Setelah jadi bentuk Form3 maka selanjutnya adalah memasukkan code program kedalam objek-objek yang nantinya digunakan.
Bagian Header Program di Form3. (pastikan sama seperti ini)
unit Unit3;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, ExtCtrls, StdCtrls;
type
TForm3 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Timer1: TTimer;
procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form3: TForm3;
implementation
{$R *.dfm}
(wilayah Coding Program)
End.
Memasukkan Coding kedalam Timer.
Double click pada objek Timer1 kemudian buatlah script coding menjadi seperti dibawah ini:
procedure TForm3.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if Label1.Visible = true or Label2.Visible = true then
begin
Label1.Visible:= false;
Label2.Visible:=false;
end
else
begin
Label1.Visible:=true;
Label2.Visible:=true;
end;
end;
Perintah ini bertujuan untuk membuat tulisan Label1 dan Label2 berkelap-kelip
Langkah 4 (pembuatan Form 4)
- Timer
- Label
- Image
Pada langkah yang kempat ini di Form4, kita membuat bagian Help dari program ini. Pada bagian ini menggunakan tiga buah objek yaitu Timer, Label, dan Image. Untuk pembuatan Timer dan Label sama dengan cara pembuatan pada Form1 maka tidak dijelaskan kembali. Untuk membuat Image, pilih Additional Menu kemudian pilih Icon Image . Setelah itu klik di Form4 maka sudah terbentuklah objek Image.
Selanjutnya pengaturan properties dari objek-objek pada Form2 sebagai berikut :
Form/Control | Properties | Setting |
Label1 | Caption | Program ini dibuat oleh miauw27 |
| Name | Label1 |
Label2 | Caption | LABORATORIUM TEKNOLOGI INFORMATIKA |
| Name | Label2 |
Timer1 | Interval | 500 |
Image | Proportional | True |
| Picture | Klik kemudian pilih gambarnya yang mana |
Setelah jadi bentuk Form4 maka selanjutnya adalah memasukkan code program kedalam objek-objek yang nantinya digunakan.
Bagian Header Program di Form1. (pastikan sama seperti ini)
unit Unit4;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, jpeg, ExtCtrls, StdCtrls;
type
TForm4 = class(TForm)
Image1: TImage;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Timer1: TTimer;
procedure Timer1Timer(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form4: TForm4;
implementation
{$R *.dfm} (wilayah Coding Program)
End.
Memasukkan Coding kedalam Timer.
Double click pada objek Timer1 kemudian buatlah script coding menjadi seperti dibawah ini:
procedure TForm4.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if Label1.Visible = true then
Label1.Visible:= false
else
Label1.Visible:=true;
if Label2.Visible = true then
Label2.Visible:= false
else
Label2.Visible:=true;
end;
Perintah ini bertujuan untuk membuat tulisan Label1 dan Label2 berkelap-kelip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar