Catatan Kuliahku... (Artificial Intelligence)

RESIDENT EVIL, dimana pada film ini terdapat sebuah mesin pembunuh (disebut dengan NEMESIS) yang berasal dari manusia yang telah dimutasi dengan menggunakan virus T. kemudian diotak mesin pembunuh ini ditanamkan chips yang digunakan untuk mengontrolnya. Konsep kecerdasan buatan pada film ini Terdapat pada suatu adegan dimana mesin ini bertemu dengan sekelompok tim SWAT dimana di dalam tim tersebut terdapat seorang warga sipil yang memegang senjata. Mesin ini mengenali tim SWAT melalui baju yang mereka kenakan yang bertuliskan SWAT lalu mesin diperintahkan oleh seseorang untuk membunuh sekelompok tim SWAT tersebut, tanpa berfikir panjang mesin ini melancarkan serangannya dengan menembakkan ribuan peluru ke mereka, dengan tingkat akurasi dan kemampuan yang tinggi akhirnya tidak ada satu tim SWAT pun yang tersisa, yang tersisa hanya seorang warga sipil yang memegang senjata. Kemudian mesin ini mendeteksi warga sipil yang tersisa mesin ini masih membaca bahwa warga sipil ini memiliki bahaya yang kecil, ketika warga sipil ini membuang senjatanya maka mesin ini mendeteksi bahwa warga sipil tersebut bukan lagi seorang ancaman.

JURASSIC PARK (salah satu film favorit) dimana dalam cerita film tersebut program menganalisis struktur genektika dari hewan-hewan purbakala kemudian mencocokkanya dengan struktur genetika hewan-hewan kerabat terdekatnya yang masih hidup. Kemudian hasil dari analisa struktur genetika yang kompleks tersebut akhirnya dapat digunakan seagai dasar untuk menciptakan kembali hewan-hewan purbakala yang telah punah.

BAIT, terdapat sebuah sensor yang ditanamkan pada bagian tubuh manusia, sensor ini dapat memetakan keberadaan sekitarnya baik berupa pergerakan orang yang ditanami sensor, jumlah orang yang berada disekitarnya, bahkan memetakan bangun 3 dimensi. Kemudian hasil dari sensor tersebut akan dikirim melalui satellite ke kepolisian untuk mengetahui semua kegiatan dari orang yang ditanami sensor ini.

TERMINATOR II, Robot canggih yang bersahabat, seperti robot yang diperankan Arnold Schwarzenegger dalam film Terminator II yang datang dari masa depan untuk menolong manusia dari variannya. Robot yang taat pada hukum Asimov dan dapat bahu membahu bersama manusia untuk mencegah peperangan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Sebuah cerita manusia dihegemoni mesin (Matrix) yang berada dalam ruang, sehingga yang tampak adalah pembauran antara realitas semu dengan realitas yang sebenarnya. Dengan intensitas adegan yang sangat tinggi, film Matrix Revolution dalam hal ini, penonton sudah dibingungkan dengan beberapa adegan, sehingga tidak bisa membedakan antara dunia nyata dengan dunia maya.

TRANSFORMERS” garapan sutradara Michael Bay. Film tersebut menggambarkan dengan sangat jelas bahwa teknologi komputer telah berkembang sangat pesat dilihat dari penerapannya dalam menunjang kebutuhan manusia. Teknologi komputer mempunyai peranan sangat penting dalam membantu pekerjaan manusia. Komputer dijadikan ujung tombak pertahanan sebuah negara adidaya yang memiliki banyak rahasia di dalamnya. Mulai dari pertahanan negara, komunikasi, penyimpanan data, hingga pendeteksian jejak kejahatan. Bahkan sebuah data yang sangat rahasia menjadi barang yang diperebutkan sehingga memakan banyak korban. Namun kecanggihan teknologi tak selamanya memberikan apa yang manusia inginkan. Apabila data yang sangat rahasia berhasil dicuri atau diketahui oleh pihak yang tak seharusnya mengetahui, dan virus berhasil menyerang dan mengganggu sistem yang telah dibangun, maka seketika itu pula komputer yang menjadi andalan sebagai alat bantu manusia tidak berfungsi lagi. Sehingga membuat manusia yang bergantung pada alat bantu (komputer) tersebut tidak bisa berbuat apa-apa.

Hal di atas dapat disimpulkan bahwa interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer sangat erat dan sudah tidak terpisahkan lagi. Kebutuhan manusia modern terhadap teknologi sudah seperti kebutuhan manusia akan sandang, pangan dan papan. Kehidupan manusia pada zaman sekarang akan tidak teratur apabila teknologi yang biasanya menopang kebutuhan mereka tidak ada. Oleh Karena itu sudah sepantasnya komputer diberikan penghargaan sebagai benda ciptaan manusia yang terbaik. Meskipun salah satu ciptaan manusia terbaik, tapi perlu diingat bahwa manusia menciptakannya, dan manusia juga yang harus mengendalikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar