Catatan Kuliahku... (PENGELOLAAN PROYEK SISTEM INFORMASI.... proposal dan program pembayaran SPP)

PROPOSAL

SISTEM INFORMASI

PEMBAYARAN SPP PADA SD BANTUR 2 KABUPATEN MALANG MENGGUNAKAN DELPHI

Oleh :

Dicky Arieska Hidayat (080403020045)

Eni Mauliyah (086403020026)

Millatina Sinawa (080403020006)

Nurrudin Septiawan (080403020049)

Zainul Abidin (080403020095)



logo kampusQ


JAKARTA

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

2010

1. Latar Belakang

Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin pesat, berbicara tentang teknologi dan informasi, komputer merupakan salah satu bentuk teknologi yang perkembangannya dalam hitungan hari saja dan merupakan suatu media elektronik yang memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan teknologi saat ini, serta terus menerus mendominasi berbagai proses kerja agar dapat lebih mudah, efektif dan efisien.

Perkembangan teknologi komputer juga merambat ke dalam dunia pendidikan, hampir seluruh sekolah telah memiliki teknologi yang canggih dalam pengolahan data sekolah, baik dalam pengolahan data siswa, data pegawai maupun laporan penggajian hingga laporan pembayaran SPP maupun biaya pendidikan lainnya.

Dalam perkembangan di bidang pendidikan, masing-masing pihak sekolah dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Dalam penyajian informasi, setiap instansi memiliki cara yang berbeda-beda pula, ada yang sudah menggunakan komputer dan ada juga yang masih menggunakan buku-buku dalam pencatatan pembayaran SPP . Hal ini tampak pada saat menginputkan data sering terjadi kesalahan, penulisan secara berulang-ulang yang dilakukan staff administrasi dalam memasukkan data, terdapat juga duplikasi data, tingkat keamanan data serta kemampuan staff administrasi dalam memasukkan data yang kurang efektif dan efisien.

Dengan pemanfaatan teknologi inilah sebagai alat bantu dalam proses peningkatan kinerja para staff sehingga pekerjaan terselesaikan dengan cepat, tepat dan akurat dengan tujuan sekolah. Banyaknya pertimbangan yang diambil kepala sekolah dalam mengatur sekolah maka beliau berhak mendapatkan informasi dan laporan yang tepat dan sesuai kebutuhannya dalam mengambil keputusan.

Hal ini dapat diantisipasi dengan penggunaan media komputerisasi di SD ini. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem informasi yang dapat membantu dalam pengolahan data pembayaran SPP siswa . Pemanfaatan komputer sebagai media pengolahan informasi akan sangat membantu dan memudahkan sekolah dalam pengolahan pembayaran SPP siswa. Dengan dibuatnya aplikasi sistem informasi pembayaran SPP siswa akan sangat membantu dalam pengolahan pembayaran SPP siswa.

Melihat banyaknya buku-buku yang digunakan dalam pencatatan pembayaran SPP pada SD Bantur 2 Kabupaten Malang yang mengakibatkan pekerjaan menjadi tidak efisien, maka penulis berkeinginan membuat sebuah “Sistem Informasi Pembayaran SPP pada SD Bantur 2 Kabupaten Malang Menggunakan Delphi” yang nantinya diharapkan dapat membantu petugas penerima SPP dalam pekerjaannya.

2. Identifikasi Masalah

Perkembangan dunia pendidikan saat ini sangat sinergis dengan perkembangan computer, begitu juga dengan pengolahan data yang dilakukan pada sekolah-sekolah saat ini. Pengolahan data tidaklah begitu mudah sehingga sangat dibutuhkan sebuah aplikasi untuk mempermudah kerja dan data dapat lebih akurat.

Sedangkan pada SD Bantur 2 Kabupaten Malang masih menggunakan buku catatan sebagai alat bantu dalam proses pembuatan laporan transaksi pembayaran SPP yang mengakibatkan pekerjaan menjadi lebih rumit dan data terkadang tidak akurat. Dalam hal ini penulis merumuskan masalah lebih difokuskan pada bagaimana sebuah aplikasi pembayaran SPP dapat dibangun dan bekerja sesuai kebutuhan pengguna yang akhirnya diharapkan dapat membantu pengguna dalam mempermudah pekerjaannya.


3. Batasan Masalah

Agar sebuah program yang menyediakan informasi tidak menyimpang dari tujuan sebenarnya, maka penulis membatasi masalah hanya pada kegiatan transaksi pembayaran SPP dan data siswa. Penulis tidak membahas tentang nilai siswa.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumitan dalam pembuatan proposal, dan juga mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan penulis dalam memperoleh data yang diperlukan.

4. Tujuan dan Manfaat

4.1 Tujuan

a. Tujuan Pihak Sekolah

Ø Untuk mempermudah proses pembayaran SPP pada SD Bantur 2 Kabupaten Malang

Ø Untuk mempermudah dalam memasukkan dan mengumpulkan data

Ø Untuk mengurangi tingkat kesalahan dalam proses pemasukan data

Ø Untuk menghemat waktu

Ø Untuk menghemat tenaga kerja Guru

b. Tujuan Mahasiswa

Ø Mahasiswa mampu menciptakan sistem pembayaran SPP yang lebih baik

Ø Mampu mengaplikasikan berbagai data yang ada kedalam sebuah system

Ø Melatih mahasiswa menghadapi keadaan di dunia kerja

4.2 Manfaat

a. Bagi Sekolah

Ø Memperoleh usulan sistem informasi yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pelayanan administrasi dalam pembayaran SPP

Ø Sebagai penerapan langsung teknologi informasi guna menghadapi era globalisasi

Ø Efisiensi kinerja dengan memanfaatkan teknologi berbasis komputer yang mampu membantu kinerja manusia didalamnya

b. Bagi Mahasiswa

Ø Mendapatkan konsep pemikiran yang terpadu yang mampu menerapkan teori dan praktek dalam menganalisa suatu sistem kerja

Ø Mendapatkan kesempatan untuk beradaptasi dengan dunia kerja yang syarat dengan efisienitas dan disiplin

5. Metodologi

Dalam penyusunan proposal ini, menggunakan beberapa metodologi penelitian, sehingga proposal ini dapat terselesaikan dengan baik. Adapun langkah-langkah yang akan diambil adalah sebagai berikut:

a. Pengumpulan data

b. Perancangan sistem

c. Pengujian sistem

Dalam penulisan proposal kali ini selain mendapatkan data - data dari buku penunjang juga mendapatkan informasi dari internet yang dapat digunakan sebagai acuan dalam penulisan ini.

6. Waktu dan tempat

  1. Waktu : 8 November 2010 s/d 19 Februari 2011
  2. Tempat : SD Bantur 2 Kabupaten Malang

7. Tim Proyek

  1. Eni Mauliyah sebagai Kepala Proyek
  2. Nurrudin Septiawan sebagai Progammer
  3. Dicky Arieska Hidayat sebagai Desain Sistem
  4. Millatina Sinawa bagian Penjadwalan Kegiatan dan Pendanaan
  5. Zainul Abidin bagian Maintenance dan Humas/Pemasaran

8. Pelaksanaan Kegiatan

No.

Kegiatan

November

Desember

Januari

Februari

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

Pemilihan Judul

2

Konsultasi dengan dosen

3

Pendekatan ke sekolah

4

Meminta ijin ke sekolah

5

Pengumpulan Data

6

Pembuatan Design Data Base dan Tampilan

7

Memasukkan data (Data Entry)

8

Uji Coba

9

Perbaikan

10

Pemasangan Program pada Komputer Sekolah

11

Pelatihan bagi operator di sekolah

12

Pembuatan Buku Proyek Akhir

13

Presentasi di muka penguji

14

Revisi Buku Proyek Akhir

9. Pendanaan

No.

Kegiatan/Barang

Jumlah

Biaya Satuan

Total Biaya

Keterangan

1.

Pembuatan Proposal

3 buah

Rp5.000,00

Rp15.000,00

2.

Pembelian Buku Microsoft Acces

1 buah

Rp31.000,00

Rp31.000,00

3.

Transport

16 kali

Rp4.000,00

Rp64.000,00

4.

Pembuatan Buku Proyek

3 buah

Rp20.000,00

Rp60.000,00

5.

Flashdisk

1 buah

Rp80.000,00

Rp80.000,00

6.

Sewa Printer

10 jam

Rp6.000,00

Rp60.000,00

7.

Perlengkapan presentasi Proyek

1 unit

Rp25.000,00

Rp25.000,00

8.

Lain-lain

Rp25.000,00

J u m l a h


Rp360.000,00

(tiga ratus enan puluh ribu rupiah)

Dana berasal dari :

a. Orang Tua : Rp 160.000,00 (seratus ribu rupiah)

b. Diharapkan partisipasi dari : Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah)

SD Bantur 2 Kabupaten Malang


PROGRAM PEMBAYARAN SPP SD Bantur 2

Implementasi dan Pembahasan

A. Implementasi

Implementasi sistem (system implementation) merupakan tahap dimana sistem informasi telah digunakan oleh pengguna. Sebelum benar-benar bisa digunakan dengan baik oleh pengguna, sistem harus melalui tahap pengujian terlebih dahulu untuk menjamin tidak ada kendala fatal yang muncul pada saat penggunaan memanfaatkan sistemnya.

Petunjuk penggunaan

B. Pembahasan

1. Form Login

Sistem ini dibuat disertai dengan login user. Hal ini untuk bertujuan agar pihak yang berkepentingan saja yang dapat menjalankan program, misalnya bagian tata usaha pada SD Bantur 2. Pada tampilan login dibawah ini user harus mengimputkan nama dan password terlebih dahulu.

Form Login Pengguna

2. Form Menu Utama

Menu utama merupakan tampilan awal setelah user berhasil melakukan login.

Form Menu Utama

Pada menu utama terdapat terdapat sub-sub menu yang disediakan program

3. Form Ganti Password

Sistem menyediakan fasilitas untuk melakukan penggantian password. Penggantian password hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang sudah memiliki hak akses, karena hanya password saja yang diganti bukan nama penggunanya.

Form Ganti Password

4. Form User Baru

Sistem menyediakan fasilitas untuk menambahkan pengguna (user), hal ini memungkinkan sistem dapat dijalankan lebih dari satu pengguna.

Form User Baru

5. Form Input dan Edit Siswa

Form ini, merupakan data siswa pada SD Bantur. Pada form ini user dapat melakukan penyimpanan, perubahan dan penghapusan data siswa.

Form Input dan Edit Siswa

6. Form Input dan Edit Kelas

Pada form ini, user dapat memasukkan data kelas dengan wali kelasnya, hal ini bertujuan agar setiap kelas mempunyai wali kelas. Seperti pada form lain dapat juga dilakukan penyimpanan, perubahan dan penghapusan data kelas.

Form Input dan Edit Kelas

7. Form Input dan Edit Guru

Form ini berisi data guru SD Bantur 2. Pada form ini user dapat melakukan penyimpanan, perubahan dan penghapusan data guru.

Form Input dan Edit Guru

8. Form Input dan Edit Pembagian Kelas

Pada form ini, data siswa yang sudah ada dalam database. Akan dibagi kedalam kelas-kelas, maksudnya adalah siswa akan di tempatkan pada kelas dengan wali kelas yang telah ditentukan, serta tahun ajaran. pada form ini user dapat melakukan penyimpanan, perubahan dan penghapusan data pembagian kelas.

Form Input dan Edit Pembagian Kelas

9. Form Transaksi Pembayaran SPP

Form ini disediakan untuk memudahkan dalam pencatatan transaksi pembayaran SPP siswa, dapat dilakukan berdasarkan pada kode SPP nis dan nama, kelas, semester, serta total jumlah bayar.

Form Transaksi Pembayaran SPP

10. Form Pencarian Siswa

Form ini disediakan untuk memudahkan dalam pencarian data siswa yang suda melakukan transaksi pembayaran SPP, kriteria pencarian dapat dilakukan berdasarkan pada nis dan nama.

Form Pencarian siswa

11. Form Laporan Siswa Berdasarkan Tahun

Form ini berfungsi untuk melakukan pencarian data siswa yang akan dicetak berdasarkan tahun atau angkatan.

Form Laporan Siswa Berdasarkan Tahun

Setelah mengisi tahun yang akan dicari klik tombol preview, maka akan muncul laporan data siswa berdasarkan tahun, klik gambar printer untuk melakukan pencetakan.

Laporan Siswa Berdasarkan Tahun

12. Form Laporan Guru

Form ini berfungsi untuk membuat laporan data guru, caranya dengan menekan tombol preview pada form laporan guru.

Form Laporan Guru

Berikut laporan yang ditampilkan, klik gambar printer untuk melakukan pencetakan.

Laporan Guru

13. Form Laporan Pembagian Kelas

Form ini berfungsi untuk membuat laporan pembagian kelas, caranya dengan mengisi kelas dan tahun ajaran yang ingin dibuat laporan, selanjutnya klik tombol preview pada form LaporanPembagian Kelas.

Form Laporan Pembagian Kelas

Selanjutnya akan ditampilkan laporan yang di inginkan, klik gambar printer untuk melakukan pencetakan.

Laporan pembagian kelas

14. Form Laporan SPP

Form ini berfungsi untuk membuat laporan SPP, caranya dengan mengisi nis, kelas, semester dan tahun ajaran yang ingin dibuat laporan, selanjutnya klik tombol preview pada form Laporan SPP.

Form Laporan SPP

Selanjutnya akan ditampilkan laporan yang di inginkan, klik gambar printer untuk melakukan pencetakan.

KESIMPULAN

1. Dengan sistem lama yang di gunakan selama ini, data yang dihasilkan menggunakan sistem manual sangat tidak efektif dan tidak efisien untuk menghasilkan informasi yang di butuhkan. Karena di sistem manual yang digunakan, dapat terjadi penumpukan-penumpukan data yang akan di butuhkan. Sehingga penyampaian informasi kepada siswa, guru, serta karyawan jadi terhambat. Misalnya sebagai berikut :

· Membutuhkan waktu pencarian, pemasukan, dan pencatatan data yang cukup lama. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam penyampaian informasi yang dibutuhkan.

· Dengan pencatatan sistem yang manual, kinerja jadi mengalami kendala.

· Informasi yang dihasilkan menjadi terlambat , sehingga tidak tepat waktu.

· Informasi yang dibutuhkan menjadi tidak akurat, karena sering mengalami kesalahan dalam proses pencatatan, pencarian maupun pemasukan data

2. Dengan penggunaan Sistem Informasi SPP yang sudah secara komputerisasi ini, diharapkan informasi yang dihasilkan di SD Bantur 2 lebih berkualitas. Dan dapat membantu dalam pengambilan keputusan pihak sekolah dalam pembayaran SPP siswa. Karena dalam sistem komputerisasi mempunyai banyak keuntungan sebagai berikut :

· Menghemat waktu pencarian, pencatatan, dan pemasukan data. Dalam pencatatan data siswa misalnya, user tinggal mengetikan 1 perintah saja, maka data akan langsung didapat sesuai kebutuhan.

· Informasi yang dihasilkan akan tepat waktu dan dapat di pertanggung jawabkan. Karena data-data yang dihasilkan akan lebih cepat didapat,dan penyampaian informasi baik berupa data siswa, guru, karyawan akan menjadi lebih tepat sasaran.

· Dengan menggunakan sistem ini dapat dihasilkan sebuah informasi yang akurat, yaitu tentang siswa yang sudah melakukan regristrasi dan bisa didapat juga siswa yang belum membayar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar